TABEL ERASTHOSTENES
ALAT PERAGA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
TABEL ERASTHOSTENES
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Banyak orang memandang
bahwa matematika itu adalah pelajaran yang sulit, menyeramkan, bahkan ada
beberapa anak yang tidak suka sama sekali dengan matematika. Tetapi mau tidak
mau anak-anak harus mempelajarinya karena merupakan sarana untuk
memecahkan masalah sehari-hari, seperti membaca dan menulis. Kesulitan
mempelajari matematika harus diatasi sejak dini, kalau tidak akan menghadapi
banyak masalah di kemudian hari.
Disini lah kita para
pengajar di perlukan gagasan yang baru, gebrakan baru serta konsep-konsep baru
bagaimana cara mengenalkan matematika kepada siswa tanpa memberikan kesan
matematika itu menyeramkan, justru kita harus memberikan kesan matematika itu
menarik, matematika itu adalah permainan, matematika itu meyenangkan. Sekarang
sudah jamannya menggunakan matematika modern, dimana matematika modern lebih
menekankan pada pemahaman siswa pada sistem bilangan dari pada mempelajari
hafalan rumus-rumus. Pengajaran matematika modern bertujuan untuk mempermudah siswa
belajar berhitung, bukan sebaliknya.
Berawal dari wacana
tersebut maka penulis ingin memaparkan pembuatan alat peraga matematika untuk
menciptakan pembelajaran matematika yang lebih menarik, dan memudahkan
pemahaman siswa terhadap operasi matematika.
Alat peraga yang
dibuat bernama “TABEL ERASTHOSTENES”,
diharpkan dengan alat peraga ini dapat membatu siswa untuk memahami operasi
matematika sederhana.
B.
Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat di kemukakan rumusan
masalah sebagai berikut:
1. Apa
itu alat peraga Tabel Erasthostenes?
2. Bahan
dan Alat apa saja yang digunakan untuk membuat Tabel Erasthostenes?
3. Bagaimana
cara membuat alat peraga Tabel Erasthostenes?
4. Apa
Fungsi dan kegunaan Tabel Erasthostenes?
5. Bagaimana
cara kerja Tabel Erasthostenes?
C.
Tujuan Pembuatan
Sesuai dengan rumusan
masalah diatas secara umum pembuatan alat peraga Tabel Erasthostenes bertujuan
untuk :
1.
Untuk menciptakan media pembelajaran Matematika
2.
Menciptakan Media kongkrit untuk mengetahui bilangan prima, factor
bilangan dan kelipatan bilangan.
3.
Menciptakan Pembelajaran yang menarik
BAB II
PEMBAHASAN
A. Tabel Erasthostenes
Tabel Erasthostenes adalah table
sederhana yang digunakan untuk mengetahui Bilangan Prima, Faktor Bilangan dan
Kelipatan Bilangan 1-100 dengan mudah.
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
|
1
|
1
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
|
2
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
19
|
20
|
3
|
21
|
22
|
23
|
24
|
25
|
26
|
7
|
28
|
29
|
30
|
4
|
31
|
2
|
33
|
34
|
35
|
36
|
37
|
38
|
39
|
0
|
5
|
41
|
2
|
43
|
44
|
5
|
46
|
47
|
8
|
9
|
50
|
6
|
51
|
52
|
53
|
54
|
55
|
6
|
57
|
58
|
59
|
60
|
7
|
61
|
62
|
63
|
4
|
65
|
66
|
67
|
68
|
69
|
70
|
8
|
71
|
73
|
74
|
75
|
76
|
77
|
78
|
79
|
0
|
|
9
|
1
|
82
|
83
|
4
|
85
|
86
|
7
|
88
|
89
|
90
|
10
|
91
|
92
|
93
|
94
|
95
|
6
|
97
|
98
|
100
|
Gambar
1. Tabel Erasthostenes
B.
Alat-Alat
dan Bahan pembuatan Tabel Erasthostenes
1.
Alat
a.
Gunting
b.
Sepidol
c.
Penggaris
2.
Bahan
a. Kertas
Manila warna putih
C. Cara
Pembuatan Tabel Erasthostenes
1.
Siapkan 1 lembar kertas manila
warna putih, guntinglah dengan ukuran 40x60cm atau 60x80cm.
2.
Pada lembaran kertas manila tersebut buatlah tabel yang memuat bilangan 1
sampai 100, seperti gambar berikut :
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
|
1
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
2
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
19
|
20
|
3
|
21
|
22
|
23
|
24
|
25
|
26
|
27
|
28
|
29
|
30
|
4
|
31
|
32
|
33
|
34
|
35
|
36
|
37
|
38
|
39
|
40
|
5
|
41
|
42
|
43
|
44
|
45
|
46
|
47
|
48
|
49
|
50
|
6
|
51
|
52
|
53
|
54
|
55
|
56
|
57
|
58
|
59
|
60
|
7
|
61
|
62
|
63
|
64
|
65
|
66
|
67
|
68
|
69
|
70
|
8
|
71
|
72
|
73
|
74
|
75
|
76
|
77
|
78
|
79
|
80
|
9
|
81
|
82
|
83
|
84
|
85
|
86
|
87
|
88
|
89
|
90
|
10
|
91
|
92
|
93
|
94
|
95
|
96
|
97
|
98
|
99
|
100
|
Gambar 2. Tabel yang memuat
bilangan 1- 100
3. Di bawah tabel buatlah keterangan
seperti berikut :
4.
Kemudian aplikasikan keterangan tersebut kedalam tabel, angka di bawah
sepuluh jangan diberi tanda kecuali bilangan tersebut merupakan kelipan
bilangan yang lain, misalnya bilangan 2 tidak diberi tanda lingkaran yang
merupakan tanda kelipatan dua, tetapi angka empat juga diberi tanda lingkaran
karena merupakan kelipatan 2, namun tidak diberi tanda segi empat yang
merupakan kelipatan 4.
5. Untuk bilangan 1 tidak diberi tanda tapi diarsir. Kalau semua keterangan sudah diaplikasikan,
teliti kembali apakah sudah benar semua dalam menandai, kalau sudah berarti
tabel sudah siap digunakan.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian dari bab II maka dapat di simpulkan
bahwa:
1.
Pembuatan Alat Peraga “Tabel Erasthostenes” sangat
sederhana dan bahan-bahannya sangat mudah di dapatkan.Selain itu juga media ini
sangat aman dan mudah dibuat, tentunnya dengan biaya yang sangat terjangkau,
jadi apabila rusak mudah di perbaiki. Meskipun demikian memiliki manfaat yang
sangat besar.
2.
Alat Peraga Tabel Erasthostenes sangat mudah digunakan,
terutama pada pembelajaran matematika dengan materi FPB, KPK dan Bilangan Prima.
B. Saran
Alat Peraga pembelajaran ini belumlah sempurna karenanya
kami mengharap kritik dan sarannya untuk memicu kami agar dapat terus
mengembangkan kreatifitas, berinovasi dan terus mengembangkan Alat Peraga
Pembelajaran ini sehingga memiliki manfaat yang besar, terutama bagi
pendidikan.
DAFTAR PUSTAKA
Azhar, Arsyad. 2007. Media Pembelajaran.
Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.
Oemar, Hamalik.2003. Proses
Belajar mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Nana, Sudjana dan Ahmad
,Rivai.2002. Media Pengajaran. Bandung : Sinar Baru.
Riyanto, Heru.2004. Cara Cepat
Menyelesaikan Perkalian. Jakarta : Puspa Swara.
A.Judith, Muschla dan Robert, Gary.
2009. Tugas-Tugas Matematika dengan Aplikasi Kehidupan Nyata.
Jakarta : PT Indeks.
Djoko, Iswaji. 2003 .Pengembangan Media Pembelajaran Matematika di
SLTP. Yogyakarta: FMPA UNY..
Download lengkap BAB I-BAB IV Tabel Erasthostenes beserta cara kerjanya di sini (format MS Word)
Comments
Post a Comment