PEMBUATAN ALAT PERAGA “ ULAR PINTAR” DARI TUTUP BOTOL BEKAS



ALAT PERAGA EDUKATIF ( APE )
(Pembuatan alat peraga dari barang bekas)
PEMBUATAN  ALAT  PERAGA “ ULAR PINTAR”  
DARI TUTUP BOTOL BEKAS

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Dunia Roudlotul Atfhal adalah sebuah dunia yang tidak terlepas dari bermain dan juga berbagai alat permainan anak-anak.Salah satu sarana yang juga menjadi sumber belajar bagi anak di Roudlotul Atfhal adalah alat pendidikan edukatif yang lebih dikenal dengan APE.  Alat ini bisa didapatkan dengan cara membelinya dari produsen alat-alat permainan anak  atau juga bisa dengan membuatnya sendiri. Pada umumnya para penyelenggara Roudlotul Atfhal dan juga para guru Roudlotul Atfhal masih banyak yang  membeli alat-alat permainan untuk sumber belajar anak. Hal ini tentu saja akan menumbuhkan budaya konsumtif dan akan melemahkan daya kreativitas dan inovasi para guru Roudlotul Atfhal dalam menyelenggarakan proses belajar yang berkualitas bagi anak.
Secara umum banyak para penyelenggara Roudlotul Atfhal dan guru Roudlotul Atfhal yang berpendapat bahwa memperoleh Alat Pendidikan Edukatif dengan cara membeli  adalah lebih mudah dan ekonomis. Namun jika para guru mau berkreasi dan berinovasi untuk menciptakan Alat Pendidikan Edukatif dari barang-barang bekas maka tentu saja akan lebih ekonomis lagi.
Banyak mainan sekarang ini yang semakin kreatif, mahal dan beraneka macam. Tentunya hal ini akan banyak membuat orang tua bingung. Banyak mainan yang dibuat oleh pabrik yang sebetulnya kurang berfaedah bagi anak-anak karena sebenarnya alat bermain hanyalah alat bantu saja bagi seorang anak dan bukan merupakan indikator mutlak untuk anak berkembang lebih baik. Jadi mahal dan murahnya alat mainan bukanlah merupakan indikator. Anak akan dapat bermain dengan manfaat yang besar apabila orang tua dapat mengetahui sisi kegunaannya mainan tersebut.
Berdasarkan kerangka pemikiran yang ada bahwa Alat Pendidikan Edukatif, Kreatif dan Inovatif tidak mesti alat permainan yang mahal maka kami berupaya mencoba mengembangkan dan membuat sebuah APE. Sebelum membuatnya tentu saja kami harus mengetahui tentang pengertian, fungsi dan prosedur pembuatan APE untuk menjadi salah satu sumber belajar di Roudlotul Atfhal. Kami akan mencoba membuat alat permainan , permainan ini diberi nama Ular Pintar dan yang akan dibahas dan dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang meliputi berbagai aspek pengembangan diri dan bisa menarik minat belajar anak. Sehingga dapat dikategorikan sebagai permainan edukatif.
Disini kami memberi nama Alat Permainan Edukatif dengan nama Ular Pintar karena permainan yang kami buat itu berbentuk kotak dimana tiap sisinya dapat digunakan, selain itu di dalam kotak juga dapat digunakan. Dengan nama Ular Pintar anak – anak akan lebih tertarik untuk bermain.

B.     Tujuan
Adapun tujuan dari pembuatan APE ini adalah untuk meningkatkan konsentrasi anak dalam belajar, mengembangkan kognitif dan  motorik pada anak.
          
C.    Manfaat
Berdasarkan latar belakang diatas maka manfaat dari pembuatan APE ini adalah :
1.      Untuk memberi wacana baru pada pembelajaran anak
2.      Anak lebih mudah menerima materi yang disampaikan guru
3.      Dengan penggunaan APE ini akan memotivasi anak untuk belajar sehingga anak tidak jenuh mengikuti pembelajaran
4.      Untuk mendorong guru menjadi lebih inovatif dan kreatif dalam membuat dan mengembangkan alat pendidikan edukatif, kreatif dan inovatif di Roudlotul Atfhal /Tk
5.      Pemanfaatan barang – barang bekas menjadi barang yang lebih berguna
6.      Meminimalisir pengeluaran lembaga untuk pengadaan APE
7.      Melatih meronce.
8.      Melatih mengenal warna
9.      Untuk mengenalkan huruf/angka pada anak.


BAB II
PEMBAHASAN
A.    Tema
Dengan Alat Permaianan Edukatif Ular Pintar ini dapat mencakup berbagai tema pembelajaran diantaranya :
1.      Tema Binatang
2.      Tema Tanaman
3.      Dan bisa masuk di berbagai tema juga

B.     Bahan
1.      Tutup botol bekas
2.      Tali atau senar
3.      Botol bekas
4.      Mata permainan

C.    Alat
1.      Gunting
2.      Lem
3.      Cutter
4.      Bor / paku/ solder
5.      Pohon absen atau papan absen untuk mendemonstrasikan ular pintar

D.    Cara pembuatan
1.      Siapkan 60 buah tutupbotol warna-warni dengan bentuk dan ukuran sama, dan 2 tutup botol berbentuk kerucut. 

2.      Kemudian lubangi 60 tutup botol tersebut dengan bor atau paku bias juga menggunakan solder tepat pada bagian tengah.

3.      Roncelah atau rangkai 60 buah tutup botol yang sudah dilubangi tersebut dengan benang atau senar dengan warna berselang-seling sehingga menyerupai badan ular. 

4.      Buatlah kepala ular dan ekor ular dari tutup botol yang berbentuk kerucut!
5.      Beri mata dan lidah pada bagian kepala. Lidah bias dibuat dari guntingan botol bekas. 

6.      Satukan rangkaian badan, kepala dan ekor dengan menggunakan lem, sehingga menyerupai bentuk ular. 
 7.      Buatlah rangkaian tersebut dengan jumlah 3 atau lebih sesuai kebutuhan, semakin banyak semakin bervariasi bentuk yang akan dibuat dengan ular pintar.

8.      Ular Pintar sudah siap dimainkan.
E.     Cara menggunakan / memainkan
1.      Siapkan papan  peraga, bias berupa papan pohon absen atau papan absen yang sudah diberi pin-pin pembentuk huruf atau angka. 

2.      Agar lebih menarik  dalam mendemonstarikannya sambil bernyanyi :
Teks lagu:
ULAR PINTAR
Ular pintar panjangnya bukan kepalang
Menjalar jalarkesana kian kemari
Anak yang cerdas itulah dicari
Cobalah tebak kujadi apa

3.      Selanjutnya membentuk ular pintar menjadi huruf atau angka, dan anak-anak menebaknya atau  menyebutkan huruf atau angka yang  terbentuk.



4.      Guru juga bias mengembangkan materi yang lain, misalnya pengenalan warna, berhitung dan lain-lain.

F.     Aspek yang dikembangkan
1.      Nilai Agama dan Moral
-  Membedakan ciptaan tuhan dan manusia
2.      Sosial Emosional dan Kemandirian
-  Berani tampil menyebutkan huruf, angka, atau warna di depan teman-temannya.
-  Mau bermain dengan teman
-  Mengikuti aturan permainan
3.      Fisik Motorik
-  Anak dapat merangkai atau meronce
-  Dapat membentuk pola atau bentuk huruf atau angka dengan APE
4.      Kognitif
-  Menyebutkan bentuk yang baru dilihat
-  Dapat menyebutkan bagian-bagian ular
-  Menyebutkan angka atau huruf
-  Membentuk pola /huruf/angka sesuai dengan yang disebutkan
-  Mengenal angka
-  Mengurutkan pola warna
5.      Bahasa
-  Dapat Mengulang kalimat yang di dengar
-  Dengan panduan guru bias berbicara dengan bahasa yang benar.


BAB III
PENUTUP
 A.    Kesimpulan
Berdasarkan uraian dari bab II maka dapat di simpulkan bahwa pembuatan APE “Ular Pintar”  dari tutup botol bekas sangat sederhana dan bahan-bahannya sangat mudah di dapatkan.Selain itu juga media ini sangat aman dan mudah di buat,tentunnya dengan biaya yang sangat terjangkau, jadi apabila rusak mudah di perbaiki. Meskipun demikian memiliki manfaat yang sangat besar.

B.     Saran
Media pembelajaran ini belumlah sempurna karenanya kami mengharap kritik dan sarannya untuk memicu kami agar dapat terus mengembangkan kreatifitas, berinovasi dan terus mengembangkan APE berbahan barang bekas sehingga memilikimanfaat yang besar, terutama bagi pendidikan.

Comments

Popular posts from this blog

KADERISASI ORGANISASI

METODE PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH