PEMBUATAN ALAT PERAGA “ ULAR PINTAR” DARI TUTUP BOTOL BEKAS
ALAT PERAGA
EDUKATIF ( APE )
(Pembuatan alat peraga dari barang bekas)
PEMBUATAN ALAT PERAGA
“ ULAR PINTAR”
DARI TUTUP BOTOL
BEKAS
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang Masalah
Dunia Roudlotul Atfhal adalah sebuah dunia yang
tidak terlepas dari bermain dan juga berbagai alat permainan anak-anak.Salah
satu sarana yang juga menjadi sumber belajar bagi anak di Roudlotul Atfhal
adalah alat pendidikan edukatif yang lebih dikenal dengan APE. Alat ini
bisa didapatkan dengan cara membelinya dari produsen alat-alat permainan anak
atau juga bisa dengan membuatnya sendiri. Pada umumnya para penyelenggara
Roudlotul Atfhal dan juga para guru Roudlotul Atfhal masih banyak yang
membeli alat-alat permainan untuk sumber belajar anak. Hal ini tentu saja akan
menumbuhkan budaya konsumtif dan akan melemahkan daya kreativitas dan inovasi
para guru Roudlotul Atfhal dalam menyelenggarakan proses belajar yang
berkualitas bagi anak.
Secara
umum banyak para penyelenggara Roudlotul Atfhal dan guru Roudlotul Atfhal yang
berpendapat bahwa memperoleh Alat Pendidikan Edukatif dengan cara membeli
adalah lebih mudah dan ekonomis. Namun jika para guru mau berkreasi dan
berinovasi untuk menciptakan Alat Pendidikan Edukatif dari barang-barang bekas
maka tentu saja akan lebih ekonomis lagi.
Banyak
mainan sekarang ini yang semakin kreatif, mahal dan beraneka macam. Tentunya
hal ini akan banyak membuat orang tua bingung. Banyak mainan yang dibuat oleh
pabrik yang sebetulnya kurang berfaedah bagi anak-anak karena sebenarnya alat
bermain hanyalah alat bantu saja bagi seorang anak dan bukan merupakan
indikator mutlak untuk anak berkembang lebih baik. Jadi mahal dan murahnya alat
mainan bukanlah merupakan indikator. Anak akan dapat bermain dengan manfaat
yang besar apabila orang tua dapat mengetahui sisi kegunaannya mainan tersebut.
Berdasarkan
kerangka pemikiran yang ada bahwa Alat Pendidikan Edukatif, Kreatif dan Inovatif
tidak mesti alat permainan yang mahal maka kami berupaya mencoba mengembangkan
dan membuat sebuah APE. Sebelum membuatnya tentu saja kami harus mengetahui
tentang pengertian, fungsi dan prosedur pembuatan APE untuk menjadi salah satu
sumber belajar di Roudlotul Atfhal. Kami akan mencoba membuat alat permainan ,
permainan ini diberi nama Ular Pintar dan yang akan
dibahas dan dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang meliputi
berbagai aspek pengembangan diri dan bisa menarik minat belajar anak. Sehingga
dapat dikategorikan sebagai permainan edukatif.
Disini
kami memberi nama Alat Permainan Edukatif dengan nama Ular Pintar karena permainan yang kami buat itu
berbentuk kotak dimana tiap sisinya dapat digunakan, selain itu di dalam kotak
juga dapat digunakan. Dengan nama Ular Pintar anak – anak akan lebih tertarik
untuk bermain.
B.
Tujuan
Adapun
tujuan dari pembuatan APE ini adalah untuk meningkatkan konsentrasi anak dalam
belajar, mengembangkan kognitif dan
motorik pada anak.
C.
Manfaat
Berdasarkan latar belakang diatas
maka manfaat dari pembuatan APE ini adalah :
1. Untuk memberi wacana baru pada
pembelajaran anak
2. Anak lebih mudah menerima materi
yang disampaikan guru
3. Dengan penggunaan APE ini akan
memotivasi anak untuk belajar sehingga anak tidak jenuh mengikuti pembelajaran
4. Untuk mendorong guru menjadi lebih
inovatif dan kreatif dalam membuat dan mengembangkan alat pendidikan edukatif,
kreatif dan inovatif di Roudlotul Atfhal /Tk
5. Pemanfaatan barang – barang bekas
menjadi barang yang lebih berguna
6. Meminimalisir pengeluaran lembaga
untuk pengadaan APE
7. Melatih meronce.
8. Melatih mengenal warna
9. Untuk mengenalkan huruf/angka pada anak.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Tema
Dengan
Alat Permaianan Edukatif Ular Pintar ini dapat mencakup berbagai tema
pembelajaran diantaranya :
1. Tema Binatang
2. Tema Tanaman
3. Dan bisa masuk di berbagai tema juga
B.
Bahan
1. Tutup botol bekas
2. Tali atau senar
3. Botol bekas
4. Mata permainan
C.
Alat
1. Gunting
2. Lem
3. Cutter
4. Bor / paku/ solder
5. Pohon absen atau papan absen untuk
mendemonstrasikan ular pintar
D.
Cara
pembuatan
1. Siapkan 60 buah tutupbotol
warna-warni dengan bentuk dan ukuran sama, dan 2 tutup botol berbentuk kerucut.
2. Kemudian lubangi 60 tutup botol
tersebut dengan bor atau paku bias juga menggunakan solder tepat pada bagian
tengah.
3. Roncelah atau rangkai 60 buah tutup
botol yang sudah dilubangi tersebut dengan benang atau senar dengan warna
berselang-seling sehingga menyerupai badan ular.
4. Buatlah kepala ular dan ekor ular
dari tutup botol yang berbentuk kerucut!
5. Beri mata dan lidah pada bagian
kepala. Lidah bias dibuat dari guntingan botol bekas.
6. Satukan rangkaian badan, kepala dan
ekor dengan menggunakan lem, sehingga menyerupai bentuk ular.
7. Buatlah rangkaian tersebut dengan
jumlah 3 atau lebih sesuai kebutuhan, semakin banyak semakin bervariasi bentuk
yang akan dibuat dengan ular pintar.
8. Ular Pintar sudah siap dimainkan.
E.
Cara
menggunakan / memainkan
1.
Siapkan
papan peraga, bias berupa papan pohon
absen atau papan absen yang sudah diberi pin-pin pembentuk huruf atau angka.
2.
Agar
lebih menarik dalam mendemonstarikannya
sambil bernyanyi :
Teks
lagu:
ULAR PINTAR
Ular
pintar panjangnya bukan kepalang
Menjalar
jalarkesana kian kemari
Anak yang
cerdas itulah dicari
Cobalah
tebak kujadi apa
3.
Selanjutnya
membentuk ular pintar menjadi huruf atau angka, dan anak-anak menebaknya
atau menyebutkan huruf atau angka
yang terbentuk.
4.
Guru
juga bias mengembangkan materi yang lain, misalnya pengenalan warna, berhitung
dan lain-lain.
F.
Aspek
yang dikembangkan
1. Nilai Agama dan Moral
- Membedakan ciptaan tuhan dan manusia
2. Sosial Emosional dan Kemandirian
- Berani tampil menyebutkan huruf,
angka, atau warna di depan teman-temannya.
- Mau bermain dengan teman
- Mengikuti aturan permainan
3. Fisik Motorik
- Anak dapat merangkai atau meronce
- Dapat membentuk pola atau bentuk
huruf atau angka dengan APE
4. Kognitif
- Menyebutkan bentuk yang baru dilihat
- Dapat menyebutkan bagian-bagian ular
- Menyebutkan angka atau huruf
- Membentuk pola /huruf/angka sesuai
dengan yang disebutkan
- Mengenal angka
- Mengurutkan pola warna
5. Bahasa
- Dapat Mengulang kalimat yang di
dengar
- Dengan panduan guru bias berbicara
dengan bahasa yang benar.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Berdasarkan
uraian dari bab II maka dapat di simpulkan bahwa pembuatan APE “Ular Pintar” dari tutup botol bekas sangat sederhana dan
bahan-bahannya sangat mudah di dapatkan.Selain itu juga media ini sangat aman
dan mudah di buat,tentunnya dengan biaya yang sangat terjangkau, jadi apabila
rusak mudah di perbaiki. Meskipun demikian memiliki manfaat yang sangat besar.
B.
Saran
Media
pembelajaran ini belumlah sempurna karenanya kami mengharap kritik dan sarannya
untuk memicu kami agar dapat terus mengembangkan kreatifitas, berinovasi dan
terus mengembangkan APE berbahan barang bekas sehingga memilikimanfaat yang
besar, terutama bagi pendidikan.
Comments
Post a Comment